Thursday, August 9, 2012

PSIKOTERAPI


Secara harfiah, psikoterapi berasal dari kata psycho berarti jiwa dan therapy berarti penyembuhan. Jadi psikoterapi adalah penyembuhan jiwa.(Ahyadi, 1991 : 156).
Sedangkan menurut Lewis R. Wolberg dalam bukunya Technique of Psychotherapy mengatakan bahwa:
“Psikoterapi adalah perawatan yang menggunakan alat-alat psikologi terhadap permasalahan yang berasal dari kehidupan emosional dimana seorang ahli secara sengaja menciptakan hubungan professional dengan pasien, yang bertujuan : (1) menghilangkan, mengubah atau menurunkan gejala-gejala yang ada, (2) memperantarai (perbaikan) pola tingkah laku yang rusak, dan (3) memungkinkan perubahan serta perkembangan kepribadian yang positif”. (Ahyadi, 1995 : 156)
Dari pernyataan Wolberg mengenai definisi psikoterapi tersebut, dapat dianalisis bagian-bagian penting yang dimaksud, yaitu : (Ahyadi, 1995 : 156-160)
1. Psikoterapi adalah perawatan
                Perawatan psikologis tidak mempedulikan berapa lama waktu yang diperlukan atau berapa banyak usaha yang dikeluarkan, psikoterapi tetap merupakan suatu bentuk perawatan.
2. Menggunakan alat-alat psikologi
                Psikoterapi mencakup keseluruhan metode dan teknik yang digunakan dalam rentangan spectrum perawatan psikologi. Rentangan ini mulai dari perencanaan kegiatan hubungan antara pasien (klien) dan ahlinya, sampai kepada pemberian nasihat atau indoktrinasi untuk mengubah sitem nilai, dan teknik pembiasaan (conditioning) yang berusaha untuk untuk menentukan mekanisme syaraf. Strategi dan bentuknya misalnya secara individu, berpasangan, atau kelompok. Semuanya tergantung pada pengembangan komunikasi yang serasi, baik lisan maupun tulisan.
             Penyembuhan dengan penggunaan alat fisik, seperti obat-obatan, penggunaan listrik dan sebagainya tidak termasuk alat-alat psikologis walaupun hal itu mempunyai efek yang bersifat psikologis.
3. Permasalahan yang berasal dari kehidupan emosional
                Permasalahan emosional mempengaruhi setiap fase fungsi kehidupan manusia. Hal ini nampak dalam setiap hambatan atau gangguan psikis individu, seperti  jasmaninya, hubungan pribadi, atau dalam kehidupan masyarakatnya.
4. Seorang ahli
                Untuk menangani permasalahan emosinal secara tepat memerlukan derajat keahlian yang tinggi dan cara-cara terbaik adalah melalui latihan dan pengalaman kesarjanaan.
5. Secara sengaja menciptakan hubungan professional
                Hubungan dan bentuk proses penyembuhan psikologis secara sengaja direncanakan dan diatur oleh ahlinya. Hubungan penyembuhan merupakan suatu kerja sama yang dimulai dan ditentukan derajat professional dengan tujuan penyembuhan tertentu. Hal ini bersifat khusus antar ahli dengan pasien dan merupakan akibat langsung dari sifat pekerjaan ahli.
6. Pasien (klien)
                Wolberg lebih suka menamakan pasien bagi individu yang menerima perawatan psikoterapi. Namaun ada juga psikolog yang lebih suka menyebut klien untuk membedakan dengan pasien dokter medis.
7. Tujuannya
   a. Menghilangkan atau mengubah gejala penyakit mental
1. Menghilangkan gejala symptom yang ada
        Tujuannya ialah menyingkirkan penderitaan pasien dan menghilangkan kerusakan akibat negatif yang disebabkan adanya gejala-gejala tersebut.
2. Mengubah gejala yang ada
        Tujuannya ialah mengubah atau memodifikasi gejala-gejala yang ada dan tidak mampu menyembuhkannya. Karena seringkali lingkungan tertentu menghalangi dan tidak sesuai dengan keinginan penyembuhan secara sempurna.
3. Menurunkan gejala yang ada
        Psikoterapi yang tepat sekalipun hanya mampu melayani untuk menghentikan, menurunkan atau memundurkan kembali proses kepesatannya, seperti pada skizofrenia. Efek mengembalikan atau menurunkan kepesatan kerusakan penyakit tersebut seringkali dapat menolong pasien untuk kembali mampu mengadakan kontak dengan realitas.
b. Memperantarai (perbaikan) tingkah laku yang rusak
             Tujuan psikoterapi tidak hanya mengurangi atau mengubah gejala menuju pada koreksi kerusakan pola hubungan manusiawi. Tetapi juga mampu menjadi perantara dalam mekanisme perubahan struktur watak individu.
c. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan kepribadian positif
             Psikoterapi tidak saja memberikan pertolongan mengendalikan gejala-gejala penyakit emosional, tetapi juga membebaskan potensi kejiwaan manusia yang kaya dari gangguan neurotic yang dapat menghambat tujuan hidup dan merintangi perkembangan realisasi dirinya menuju kedewasaan psikologis.

0 comments:

Post a Comment