Tuesday, August 14, 2012

DEFINISI BELAJAR


Belajar merupakan proses dari perkembangan hidup manusia. Dengan belajar manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah lakunya berkembang. Belajar bukan sekedar pengalaman, belajar merupakan suatu proses bukan hasil, karena itu belajar berlangsung secara aktif dan integratif dengan menggunakan berbagai bentuk untuk mencapai suatu tujuan.
Definisi Belajar Menurut Para Ahli:
1.       Skinner
Dikutip dari Barlow (1995). Berpendapat belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif
2.       Chaplin
Membasi belajar dengan dua macam rumusan, pertama: belajar adalah perolehan tingkah laku yang relative menetap sebagai latihan pengalaman. Kedua: belajar ialah proses memperoleh respon-respon sebagai akibat adanya latihan khusus.
3.       Hintzman
Menurutnya belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organism disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organism tersebut.
4.       Wittig
Mendefinisikan belajar sebagai perubahan yang relative menetap yang terjadi dalam segala macam keseluruhan tingkah laku organisme sebagai hasil pengalaman.
5.       Reber
Membatasi belajar dengan dua macam definisi. Pertama belajar adalah proses memperoleh pengetahuan. Kedua belajar adalah suatu perubahan kemampuan reaksi yang relative langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat.
6.       Giggs
Mendefinisikan belajar dalam tiga rumusan, yaitu rumusan kuantitatif, rumusan institusional, dan rumusan kualitatif. Secara kuantitatif, belajar adalah kegiatan pengisian atau pengembangan kemampuan kognitif dengan fakta yang sebanyak-banyaknya. Secara institusional, belajar dipandang sebagai proses “validasi” atau pengabsahan terhadap penguasaan siswa atas materi-materi yang telah dipelajari. Adapun pengertian belajar secara kualitatif adalah proses memperoleh arti-arti dan pemahaman serta cara-cara menafsirkan dunia di sekeliling siswa.
                Bertolak dari definisi yang telah diuraikan tadi, secara umum belajar dapat dipahami sebagai tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif.
                Belajar pada hakekatnya proses kognitif yang dapat dukungan dari ranah psikomotor. Fungsi psikomotor dalam hal ini meliputi mendengar, melihat, dan mengucapkan. Apapun jenis dan manifestasi belajar yang dilakukan siswa hamper dapat dipastikan selalu melibatkan fungsi ranah akalnya yang intensitas penggunaannya tentu berbeda dengan peristiwa belajar lainnya.

0 comments:

Post a Comment